Blog Universitas Pertamina

BERAWAL DARI HOBI MEMBAWA PRESTASI DI UPSTRACT 5.0 2023

Universitas Pertamina Starting Action 5.0 (UPSTRACT 5.0) adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina. Bertujuan untuk mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam eksplorasi bukti-bukti berupa objek implementasi konsep smart city yang keberadaannya berguna membantu menghadapi resesi ekonomi yang diwaspadai terjadi pada tahun 2023. UPSTRACT 5.0 2023 ini mengusung tema “The Impact of Smart City Initiative on The World Economic Condition: Does Implementing the Concept of Smart City Exacerbate the Economic Recession or Help to Stop It?” (Guide Book Perlombaan UPSTRACT, 2023).

UPSTRACT 5.0 ini memiliki berbagai rangkaian kegiatan salah satunya adalah kompetisi fotografi dan videografi yang menyasar target audiens Siswa/i SMA/sederajat dan mahasiswa se-Asia Tenggara. 

Tema dari kompetisi tersebut yaitu “Mengeksplorasi Solusi Inovatif untuk Permasalahan Resesi Ekonomi melalui Perspektif Implementasi Smart City yang Berkelanjutan”. Tema ini diambil sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap ancaman perekonomian di tahun 2023 untuk mengupayakan yang terbaik dalam menjaga dan mendorong pengelolaan wilayah yang berkelanjutan melalui penerapan konsep smart city (Guide Book Perlombaan UPSTRACT, 2023).

Pada ajang kompetisi fotografi UPSTRACT 5.0 2023, Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Renu Suhasta meraih juara 2, sedangkan untuk kompetisi videografi Renu meraih juara 3. Karya foto dan video Renu tersebut berkaitan tentang Smart Mobility. Renu mengambil moda transportasi KRL yang memudahkan mobilitas masyarakat Jakarta dan sekitar untuk berpindah tempat dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap baik dari segi pelayanan, kemudahan, infrastruktur, terintegrasi, dan lainnya.

Renu sudah memiliki hobi fotografi dan videografi sejak ia duduk dibangku SMK. Saat itu Renu ingin memiliki kamera sendiri dan ia berusaha menabung dengan kerja sampingan menyanyi dan membuat lukisan vektor. Akhirnya uang pun terkumpul, dan dari situ Renu mulai menekuni dunia cinematography dan videography. 

“Saya belajar bersama orang-orang yang berpengalaman dan sambil melihat tutorial youtube. Setiap hasil karya saya, pasti saya selalu minta masukan kepada teman yang lebih mengerti akan hal tersebut. Akhirnya selain ngoten video youtube, saya juga tertarik untuk belajar nightography dan foto wedding.  Akhirnya portofolio saya semakin banyak, dan saya membuat instagram saya yang bernama (rens.shoot) untuk menyimpan hasil karya saya. Banyak orang yang tertarik dengan hasil karya saya, sehingga saya membuka jasa foto dan video hingga saat ini”. -Tutur Renu Suhasta.
“Saya sangat bangga dan bersyukur karena dengan bakat seni cinematography dan videografi bisa membanggakan semua orang terutama kedua orang tua, dan juga bisa mengasah kemampuan dengan evaluasi tingkat kerumitan pengambilan video dan gambar saat di lapangan.” -Ungkap Renu Suhasta. [NA].

Share :
Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *