Blog Universitas Pertamina

Pertamina Lubricants Goes To Campus: Ajak Mahasiswa UPER Persiapkan Karir Cemerlang!

Jakarta, 5 Maret 2023 – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek mengatakan Indonesia mencetak 1,4 juta lulusan diploma hingga sarjana setiap tahunnya. Sementara itu data terbaru yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan bahwa 14% dari angka pengangguran di Indonesia berasal dari lulusan jenjang diploma dan sarjana.

Hal ini juga diperkuat riset yang dilakukan oleh JobStreet.com, dari 251 HRD yang mengikuti survei 92.8% nya merasa kesulitan untuk mendapatkan calon karyawan yang memenuhi kualifikasi perusahaan.

Demi mendongkrak hal tersebut Pertamina Lubricants berkolaborasi dengan Universitas Pertamina untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa dalam acara Pertamina Lubricants Goes To Campus, Rabu (1/3/2023).

Event yang diselenggarakan di Auditorium Universitas Pertamina ini dikemas dalam acara sharing session dan talkshow dengan tema “How To Start Your Career”. 

Terdapat tiga pembicara dari Pertamina Lubricants yang dihadirkan langsung untuk mengisi acara kali ini, yakni Brahma Putra Mahayana selaku Jr. Technical Specialist HSD Eng Oil, Abelia Jessica selaku Jr. Analyst QC Lab Production, dan Ratna selaku Course Development ILMA. 

Membuka acara, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya Organisasi Universitas Pertamina Lawni Tenisa mengatakan, lembaga pendidikan harus bertanggung jawab untuk menciptakan pemimpin di masa depan. Disamping itu universitas juga harus beradaptasi terus untuk menghadapi dunia kerja, maka salah satu cara yang dapat ditempuh adalah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar seperti Pertamina Lubricants. 

“Acara ini adalah salah satu bentuk pengabdian kami untuk memberikan sumbangsih pengetahuan dan nilai lebih lainnya terhadap masyarakat. Event ini sendiri merupakan event pertama Pertamina Lubricants Goes To Campus di tahun 2023. Kami sangat berterima kasih atas sambutan dan antusias yang sangat tinggi dari Universitas Pertamina”, ujar Ari Anggoro, Head of Technical Specialist Pertamina Lubricants yang turut memberikan sambutan. 

Percaya pada kemampuan diri sendiri 

Abelia dalam talkshow menyampaikan bahwa mahasiswa pasca lulus tidak jarang menerima pertanyaan-pertanyaan mengenai karir yang sebenarnya cukup mengganggu.

Pasalnya hal tersebut juga dirasakan Abel ketika baru saja mendapatkan gelar Sarjana Sains dari Universitas Pertamina. 

“Teman-teman harus sadar dengan kemampuan yang dimiliki dan jangan pernah merasa rendah diri. Pada dasarnya teman-teman diharapkan untuk mempersiapkan banyak hal tetapi menurut aku mempersiapkan mental dan mengetahui passion diri sendiri menjadi kunci yang sangat penting,” ujar Abel pada sesinya. 

Persiapan dan kesempatan 

Sementara itu Ratna mengajak para mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam meraih kesempatan yang ada. 

Banyak dari para lulusan baru hanya terfokuskan pada persiapan wawancara saja, padahal faktanya tahapan yang akan dilalui serta hal yang perlu dipersiapkan lebih dari itu. 

“Ketika seleksi awal kita akan dihadapkan dengan berbagai macam tes mulai dari psikotes, Bahasa Inggris, TPA, dan lain sebagainya. Hal tersebut juga tidak boleh luput dari perhatian kita, pasalnya jika kita tidak melewati tahapan tersebut dengan baik bagaimana mungkin kita bisa sampai pada tahap wawancara,” ucap Ratna. 

Ratna juga membagikan pengalamannya saat pertama kali mengikuti tes seleksi BUMN. Dirinya mengaku sempat mengikuti berbagai macam les TPA dan Psikotes bahkan menyadari kemampuan berbicara Bahasa Inggris yang kurang ia sampai berangkat ke Kampung Inggris di Pare selama dua bulan. 

Perbanyak pengalaman 

Ratna menambahkan bahwa mereka yang semasa kuliahnya memiliki banyak pengalaman dan kegiatan bermanfaat akan terlihat jauh lebih percaya diri dan menonjol dibanding mereka yang hanya fokus pada pembelajaran di kelas saja. Hal ini akan terlihat pada sesi wawancara yang sudah pasti akan menjadi penentu keberhasilan seseorang dalam meraih pekerjaan. 

“Mereka yang minim pengalaman kerap tidak pede saat diminta bercerita pada saat sesi wawancara dan sebaliknya mereka yang punya banyak kegiatan akan terlihat sangat yakin terlepas dari kemampuannya dalam berbicara. Maka dari itu mulai dari sekarang perbanyaklah pengalaman kalian,” ungkap Ratna. 

Serius dan sungguh-sungguh

Menutup sesi talkshow Abel menekankan kepada para mahasiswa yang nantinya hendak berkarir untuk serius dan sungguh-sungguh dalam melewati setiap tahapan. Menurutnya hanya karena seseorang adalah lulusan dari suatu universitas yang ternama tetap tidak ada jaminan untuk dapat diterima begitu saja. 

“Menurutku jangan pernah kita menganggap salah satu tahapan seleksi hanyalah sebuah formalitas karena dengan beranggapan seperti itu sama saja artinya kita menyepelekan hal tersebut,” pungkas Abel. 

Selain sesi talkshow ada pula sharing session yang diisi oleh Brahma Putra. Dalam kesempatannya ia memberikan penjelasan mengenai lubricants dan lubrication, komponen penting yang ada di dalam pelumas, perbedaan antara pelumas sintetik dan pelumas mineral, sampai dengan indeks viskositas (kekentalan) pelumas yang baik. 

Oleh: Erlina Muthia Sari

Share :
Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *