Blog Universitas Pertamina

Menuju Citizen Journalism yang Lebih Baik, Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina memberikan Seminar serta Talkshow dalam Kegiatan COMMNIAFEST 3.0

Kehidupan sehari hari masyarakat tidak akan lepas dari  kegiatan Citizen Journalism, terlebih di era teknologi dan komunikasi yang semakin maju. Citizen Journalism merupakan kegiatan jurnalis yang dilakukan oleh orang-orang atau masyarakat dan bukan bagian dari kalangan jurnalis profesional. 

Namun, terkadang masih banyak masyarakat yang menggunakan teknologi untuk menyebarkan berita tidak sebagaimana mestinya dan melanggar beberapa kode etik jurnalistik. Melalui hal ini, program Studi Komunikasi Universitas Pertamina, memberikan kegiatan berupa seminar dan talkshow bersama narasumber kompeten untuk dapat memberikan pengetahuan terkait citizen journalism yang baik dalam kegiatan jurnalistik. 

Commniafest 3.0 hari ke 3 dilaksanakan secara luring meliputi kegiatan seminar dan talkshow bersama narasumber, podcast komunikasi dengan narasumber guru SMA, dan booth yang berisi prototype yang digunakan dalam kegiatan jurnalistik. Kegiatan ini dilakukan di SMAN 86 Jakarta dengan dihadiri 216 siswa sebagai audiens.

Commniafest 3.0 mengangkat tema “Becoming A Journalist Ethical and Fairness” Commniafest 3.0 hari ke 3 menghadirkan Fitria Andayani selaku Jurnalis Republika Newspaper. Fitria membagikan informasi dan pengetahuan terkait citizen journalism yang baik. Kegiatan selanjutnya merupakan sesi tanya jawab, audiens dapat memberikan pertanyaan serta mendapatkan jawaban secara langsung dari narasumber.

Selain itu, Commniafest 3.0 memberikan agenda yaitu game dengan  pembuatan video pendek yang dilakukan oleh siswa SMAN 86 Jakarta secara berkelompok. Game tersebut memiliki tema kegiatan citizen journalism yang disambut antusias oleh siswa.

Share :
Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *