Blog Universitas Pertamina

ANALISIS KOMUNIKASI KELOMPOK PADA FILM “SUNNY”

Kelompok merupakan sekumpulan orang yang sadar akan keterlibatannya di dalam kelompok tersebut karena hubungan yang terjalin diantara mereka. Hubungan tersebut menyangkut hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi dan juga suatu kesadaran untuk saling menolong. Proses terbentuknya kelompok juga tidak serta merta hanya melalui perkenalan biasa saja, harus melalui banyak tahap diantara proses pembukaan diri kepada orang lain sehingga masing-masing bisa saling menerima dan memahami. Apabila proses pembukaan diri tidak berjalan dengan baik maka akan terjadi disolusi hubungan karena alasan beragam yang mungkin alasanya adalah perbedaan karakter atau sekedar hanya tidak menyukai orang yang melakukan pembukaan diri tersebut. Hal ini menunjukkan bagaimana rumitnya untuk masuk ke dalam sebuah kelompok dengan divergensi yang dimiliki setiap orang. Kelompok dikatakan memiliki hubungan yang erat apabila setiap anggota di dalamnya saling mengerti dan saling menerima satu dengan yang lain, sehingga mau untuk melakukan hal-hal yang yang mengeluarkan usaha lebih seperti menolong atau sekedar ada untuk satu sama lain. Kelompok dimulai dengan satu, dua orang dan lambat laun jumlah anggotanya semakin meningkat dan memungkinkan terbentuknya suatu kelompok yang lebih besar. Kelompok terbentuk karena dilandasi oleh beragam alasan misalnya persamaan hobi, prinsip, ide, gaya hidup, gagasan, dan sebagainya.

Dalam film Sunny dikisahkan bagaimana sebuah proses dan dinamika yang dialami kelompok terjadi, seperti, proses pembukaan diri, proses penerimaan diri, konflik atau crash yang terjadi didalam kelompok, dan upaya untuk memperbaiki hubungan sehingga kembali membaik. Film ini memberikan pengertian dan nuansanya sendiri saat menontonnya, alur cerita dan isi ceritanya sangat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Film ini menceritakan bagaimana seseorang dapat masuk dan bergabung dalam kelompok karena memiliki kesamaan antar anggota kelompok lain, disamping itu film ini juga mengisahkan bagaimana konflik dapat terjadi antara anggota kelompok yang satu dengan yang lain apabila terjadi perbedaan paham antara anggotanya. Film ini juga memaparkan bagaimana iklim yang terbentuk dalam kelompok sangat penting untuk kelangsungan hubungan anggota kelompok. Iklim yang terbentuk dalam Film Sunny adalah iklim yang suportif sehingga membuat setiap anggota kelompok Sunny merasakan perasaan aman, didengar, dan dimengerti tanpa melihat perbedaan masing-masing anggota. Dalam kebanyakan kasus konflik kelompok terjadi karena dipicu oleh iklim negatif yang terdapat didalam kelompok, misalnya rasa superior yang dimiliki oleh anggota satu sehingga merasa dapat menggurui atau memimpin seluruh anggota kelompok lain.

Sebuah kelompok hanya akan memiliki hubungan yang langgeng apabila setiap anggota di dalamnya merasa dihargai, diterima, dan divalidasi keberadaanya atau pemikirannya. Namun apabila seseorang bertahan dalam kelompok yang memiliki iklim kelompok negatif dan tidak menarik diri keluar dari kelompok tersebut maka sesuatu harus dipertanyakan. Dalam Film Sunny diceritakan bagaimana sebuah kelompok pertemanan mengalami disolusi hubungan karena iklim yang dibangun oleh salah satu anggotanya bersifat negatif sehingga alasan terbaik adalah berhenti berhubungan. Masuk dan keluar dari sebuah kelompok menjelaskan bagaimana kompleksnya manusia menentukan iklim seperti apa yang cocok/baik untuknya sehingga hubungan yang terjalin berlangsung baik dan sehat.

Film Sunny mengisahkan tentang 7 orang sahabat di masa lampau. Inti dari film ini yaitu lebih kepada misi Na-Mi untuk mengumpulkan kembali anggota geng Sunny yang sudah lama berpisah dan tidak lagi bertemu. Karena film ini mengisahkan antara masa lalu dan masa sekarang geng Sunny, maka film ini memiliki alur maju dan mundur. Misi ini dilakukan Na-Mi demi mengabulkan permintaan salah satu anggota geng Sunny yaitu Chun-Wa yang mengidap penyakit kanker. Awal Na-Mi bisa bertemu Chun-Wa yaitu pada saat Na-Mi sedang menjenguk ibunya di rumah sakit, lalu kemudian secara tidak sengaja ia melihat nama Chun-Wa di depan pintu kamar rawat inap pasien. Dari sini lah cerita mereka kembali dimulai.

Permintaan Chun-Wa si ketua geng Sunny akhirnya dikabulkan oleh Na-Mi. Satu per satu anggota geng Sunny dicari oleh Na-Mi hingga ia menyewa seorang detektif. Setelah sekian lama tidak bertemu satu sama lain, banyak perubahan yang dialami oleh anggota geng Sunny. Perubahan-perubahan tersebut tidak hanya fisiknya saja melainkan juga nasib beberapa diantara mereka. Seperti contohnya Na-Mi yang dulunya hidup miskin kini ia menikah dengan seorang lelaki kaya raya dan kini hidupnya bergelimpangan harta. Sementara Geum-Ok dan Bok-Hee kini mereka jatuh miskin. Setelah semuanya bertemu, mereka kembali menari dan berkumpul bersama-sama. Namun, ada satu anggota yang tidak datang yaitu Suji. Suji memiliki karakter yang tidak ekspresif di masa lalunya, ia merupakan wanita paling cantik dan kerap kali masuk ke dalam majalah. Sampai pada akhir hayat Chun-Wa, Suji belum juga bisa ditemukan. Akhirnya, geng Sunny memutuskan untuk memasang iklan pada koran untuk mencari Suji yang masih belum ditemukan. Mereka berharap dengan memasang iklan tersebut, Suji akan melihat dan memiliki keinginan untuk datang demi memberi penghormatan pada sahabat nya itu. Dan harapan mereka dikabulkan, Suji datang dengan wajah yang sangat berbeda namun tetap memiliki paras yang cantik seperti dahulu kala.

Chun-Wa juga meninggalkan beberapa pesan untuk para anggota geng Sunny sebelum dirinya pergi untuk selamanya. Salah satu pesan tersebut yaitu dipindahkannya jabatan sebagai ketua geng Sunny dari Chun-Wa menjadi Na-Mi. Kemudian, Chun-Wa juga meninggalkan beberapa harta warisan untuk para anggota geng Sunny yang memiliki kendala dalam perekonomian. Walaupun tidak ada seorang pun yang memberi tahu bagaimana kondisi para anggota geng Sunny kepada Chun-Wa, Chun-Wa tetap mengetahui kabar-kabar tersebut. Dari sini kita bisa melihat bahwa Chun-Wa sebagai ketua geng memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap geng Sunny walaupun geng tersebut sudah lama berpisah.

Setelah inti dari film Sunny yang kami paparkan diatas, bisa dikatakan bahwa kelompok ini memiliki iklim komunikasi yang suportif. Iklim komunikasi yang suportif adalah kondisi dimana setiap anggota kelompok merasakan bahwa dirinya dibutuhkan dalam kelompok tersebut dan juga merasakan adanya dukungan dari setiap anggota kelompok. Hal tersebut digambarkan dari inti film yang mana Na-Mi mencari satu per satu anggota geng Sunny demi mengabulkan permintaan terakhir Chun-Wa. Pada ilustrasi ini terlihat jelas bahwa Chun-Wa sebagai ketua kelompok merasa sangat dihormati sebab permintaan terakhirnya dikabulkan oleh sahabatnya yaitu Na-Mi, walaupun permintaan tersebut cukup sulit. Kemudian juga anggota kelompok lainnya memiliki perasaan dibutuhkan, sebab tak ada seorang pun di anggota geng yang tidak dicari oleh Na-Mi dalam misi nya tersebut. Setelah semua berkumpul kecuali Suji, mereka semua memberikan dukungan untuk Chun-Wa yang terkena penyakit kanker sehingga Chun-Wa merasakan adanya dukungan dari kelompok tersebut.

Setelah menonton film Sunny, kami menemukan teori yang tepat dengan film Sunny yaitu teori sistem. Teori sistem menjelaskan bahwa kelompok merupakan sebuah entitas terbuka yang sangat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti misalnya proses, lingkungan, keterkaitan satu sama lain, dan lain sebagainya. Terkait pengertian teori ini, film Sunny sangat digambarkan oleh pengertian teori tersebut yang mana anggota kelompok geng Sunny saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Mereka sangat dipengaruhi oleh para anggota geng Sunny lainnya sebab mereka berada di dalam satu lingkungan yang sama. Para anggota kelompok geng Sunny seperti yang kami paparkan diatas, selalu ada pada suka dan duka dimana satu sama lainnya saling memberikan dukungan. Kemudian kenyamanan yang timbul dalam kelompok geng Sunny disebabkan karena adanya proses panjang yang mereka lalui bersama. Kisah mereka sejak SMA hingga mereka tua sudah menggambarkan lamanya mereka menjalin hubungan persahabatan. Film Sunny juga menceritakan proses terbentuknya kelompok geng tersebut dan menceritakan pula si tokoh utama yaitu Na-Mi, mulai bergabung ke dalam kelompok geng Sunny. Selain itu, proses yang mereka alami cukup panjang karena film ini menceritakan juga bubarnya geng Sunny hingga akhirnya kembali terbentuk lagi atas permintaan terakhir Chun-Wa.

Setelah melakukan penelitian, menurut kami film Sunny menggunakan konsep trust (kepercayaan) dan culture (budaya). Kepercayaan yang digambarkan dalam anggota kelompok geng Sunny dibangun dengan sangat baik sejak mereka menginjak bangku SMA hingga masing-masing anggotanya sudah berkeluarga. Kepercayaan antara satu dengan yang lainnya terlihat pada adegan anggota kelompok Sunny yang selalu bercerita tentang masalah apapun yang sedang mereka hadapi. Kemudian konsep budaya atau culture digambarkan pada saat salah satu anggota geng Sunny yaitu Suji mulai menerima keberadaan Na-Mi yang berasal dari daerah yang berbeda dengan sekolah mereka. Suji membenci Na-Mi karena ia berasal dari kota yang sama dengan Ibu Suji. Namun, setelah Na-Mi dan Suji berbicara baik-baik akhirnya Suji dapat menerima Na-Mi sebagai anggota geng Sunny yang baru. Na-Mi merupakan murid baru yang saat itu berasal dari kota yang tidak terlalu maju atau bahkan bisa disebut sebagai desa. Ia sempat merasakan culture shock dengan sekolah barunya. Sebab, anak-anak di sekolah barunya tersebut terutama geng Sunny memakai brand fashion ternama dimasa nya yaitu Nike. Sedangkan Na-Mi pada saat itu memiliki keluarga yang ekonomi nya sangat sederhana sehingga ia tidak mampu untuk membeli barang mewah tersebut. Namun, dengan kepercayaan yang dibuat oleh teman-teman geng Sunny, Na-Mi merasa bahwa dirinya tetap dihargai walaupun tidak memakai barang-barang tersebut. Hingga pada akhirnya, Na-Mi dapat melewati culture shock tersebut dan beradaptasi dengan budaya barunya secara cepat akibat adanya kepercayaan yang dibangun oleh teman-teman geng Sunny.

Merangkum dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa terbentuknya sebuah kelompok harus diawali dengan langkah-langkah awal yang memiliki tingkat kompleksitas sendiri salah satunya adalah proses pembukaan diri dan konflik yang mungkin timbul dari proses pembukaan diri yang mengakibatkan dua kemungkinan yaitu penguatan hubungan atau disolusi hubungan, dan adapaun cara yang paling mungkin untuk mempertahankan sebuah kelompok adalah dengan memiliki iklim positif didalam kelompok tersebut. Film Sunny menceritakan bagaimana pentingnya kita sebagai makhluk sosial membutuhkan kelompok sosial. Seperti pada persahabatan, manusia membutuhkan orang lain untuk saling berinteraksi dan memenuhi kebutuhan sosialnya. Manusia sebagai makhluk sosial merasa nyaman dan aman apabila berada di lingkungan terdekatnya seperti kelompok pertemanan Sunny. Film ini mengajarkan bagaimana nilai persahabatan yang sangat penting bagi sesama manusia.

Persahabatan adalah hubungan interpersonal tanpa syarat di mana individu masuk ke dalam dengan keinginan dan pilihan mereka sendiri. Persahabatan adalah hubungan di mana tidak ada formalitas dan individu menikmati kehadiran satu sama lain. Kelompok sosial membantu kita merasa didukung dan dihargai, seperti yang kita duga, tetapi mereka juga membantu kita merasa mampu. Dengan dukungan dan penghargaan, muncul rasa kontrol pribadi yang lebih kuat atas hidup kita.

Hal penting dari kelompok sosial adalah cara kelompok ini memungkinkan teman dan rekan untuk berkomunikasi untuk memenuhi kebutuhan. Komunikasi itu sendiri memainkan peran penting dalam kehidupan, dan individu yang tidak dapat berkomunikasi atau tidak memiliki kelompok sosial dapat menderita isolasi sosial dan depresi. Banyak kelompok sosial menggunakan istilah umum atau bahasa dalam kelompok, termasuk dialek slang atau linguistik. Seperti pada Sunny, manusia membutuhkan sistem pendukung untuk hidup. Persahabatan dengan kelompok pertemanan dapat memenuhi kebutuhan hidup. Kelompok sosial bertindak sebagai sistem pendukung yang hebat saat dibutuhkan. Kelompok dapat mengidentifikasi masalah dan bersatu untuk membantu memecahkannya atau meningkatkan kualitas hidup anggota. Pentingnya hal ini adalah mengapa banyak organisasi layanan sosial seperti program rehabilitasi kecanduan mempromosikan konseling kelompok atau kelompok pendukung. Hal ini memungkinkan anggota dengan pengalaman yang sama untuk saling membantu dan mungkin sangat penting jika kelompok sosial lainnya (seperti keluarga atau persahabatan) telah dikompromikan atau tidak cukup untuk mendukung. Kelompok sosial juga mempengaruhi masyarakat dengan memungkinkan orang-orang yang berpikiran sama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam Film Sunny, terdapat banyak makna yang bisa diambil seperti betapa pentingnya sebuah kelompok sosial atau persahabatan sebagai sistem pendukung emosional.

Teori komunikasi kelompok yang sesuai dengan film Sunny yaitu teori sistem karena anggota kelompok Sunny sangat terpengaruh antara satu dengan yang lainnya. Proses yang cukup panjang dalam pertemanan membuat mereka memiliki rasa nyaman antara satu sama lain sehingga semua anggotanya memiliki keterkaitan. Anggota kelompok Sunny juga saling mempengaruhi satu sama lain akibat mereka berada di lingkungan yang sama serta mengalami proses komunikasi yang hampir sempurna. Iklim komunikasi yang tercipta dalam kelompok ini yaitu iklim komunikasi suportif. Sebab para anggota geng saling memberikan dukungan pada satu sama lain sehingga anggota kelompok Sunny merasakan adanya kehangatan dan dukungan yang membuat dirinya merasa dihargai dan dihormati sebagai anggota kelompok. Sedangkan konsep komunikasi yang tepat dari film ini yaitu konsep kepercayaan dan budaya.

Ditulis oleh:
Rahma Ajeng Shafira – 106121020
Queen Anggozi Zenifer Duru – 106121033
Valentine Elisabeth Freuda Pepah – 106121050

Share :
Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *