Blog Universitas Pertamina

BERKARYA LEWAT VIDEO REELS COMPETITION, MAHASISWA UPER INI KENALKAN DUNIA LOGISTIK DENGAN CARA UNIK

Logistik merupakan rangkaian proses yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pengendalian yang berhubungan dengan pengelolaan pergerakan barang, informasi, dan sumber daya lainnya. Selain itu, Logistik juga berkaitan dengan pengaturan inventaris, transportasi, penyimpanan, pemrosesan, dan tindakan koordinasi yang diperlukan untuk memastikan distribusi barang atau layanan berjalan sesuai operasionalnya dan efektif.

Bidang Logistik ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam pengiriman paket barang yang kita beli di e-commerce dan sebagainya. Logistik tidak hanya berhubungan dengan mode transportasi darat, melainkan juga transportasi laut dan udara. 

Namun sangat disayangkan masih banyak orang yang belum mengetahui bahwasannya bidang Logistik ini tidak hanya sekedar pengantaran barang yang dilakukan kurir, melainkan melebihi itu. 

Maka dari itu, TIKI berkolaborasi bersama Narasi Academy mengadakan video reels competition yang mengusung tema ‘Serunya dunia Logistik.’ Kompetisi ini dikhususkan untuk Mahasiswa Universitas Pertamina.

Kompetisi ini bertujuan untuk membagi insight kepada audience bahwa dunia Logistik di Indonesia sangat kompleks dan diperlukan generasi muda yang andal dalam mengoptimalisasikannya di masa mendatang.

Dari ajang kompetisi tersebut, didapatkan 3 pemenang yakni, juara 1 diraih oleh Echa Ratu Prety Claudia Situmeang, juara 2 diraih oleh Made Ranjani Dharmapatni, dan juara 3 nya yaitu Fiqri Rasyidiq.

Video reels yang dibuat Echa menggarap konsep berupa wawancara singkat dengan beberapa orang asing di sekitaran daerah Taman Literasi, Blok M, Jakarta Selatan. Dalam wawancara tersebut, Echa menanyakan “Apa yang ada dipikiran Anda terkait Teknik Logistik,” didapatkan rata-rata jawaban dari mereka menyatakan bahwa Teknik Logistik hanya berkaitan dengan pengiriman barang kepada konsumen. Sementara itu, konsep video reels Fiqri mengusung tema ‘Logistik Berperan Besar pada Kelangsungan Pesta Demokrasi Pemilihan Umum Indonesia Tahun 2024.”

“Program Studi Logistik Universitas Pertamina sangat mendukung kegiatan positif yang dilakukan oleh mahasiswanya, seperti halnya pada kegiatan kompetisi video reels yang saya ikuti ini. Dengan ilmu pengetahuan yang saya dapatkan di kelas maupun di luar kelas membuat saya lebih memahami dunia Logistik yang lebih luas lagi,” ungkap Fiqri Rasyidiq. [NA].

Share :
Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *