Blog Universitas Pertamina

Universitas Pertamina Negeri atau Swasta? Kedinasan atau Bukan? Yuk Cek Kebenarannya!

Universitas Pertamina itu negeri atau swasta sih? Kedinasan atau bukan? Pertanyaan ini pasti sering ditanyakan oleh mereka yang sebentar lagi lulus SMA sederajat. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Ya, setelah lulus dari sekolah menegah atas, kamu tentunya punya cita-cita untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Masalahnya, banyak mereka yang baru lulus mengalami kegalauan ketika dihadapkan untuk memilih tempat berkuliah. Apakah akan masuk ke kampus negeri atau swasta? Apakah masuk ke kampus A atau kampus B?. Dan seterusnya.

Hal ini wajar saja, sebab bagaimana pun juga setiap orang ingin mendapatkan pendidikan yang terbaik. Nah diantara sekian banyak kampus yang ada, Universitas Pertamina menjadi salah satu kampus yang sangat layak untuk kamu pertimbangkan. Hanya saja, mungkin saat ini kamu masih menyimpan beberapa pertanyaan dan ingin menggali lebih dalam.

Nah dikesempatan ini, saya akan coba menjelaskan tentang status dari Universitas Pertamina itu sendiri. Apakah berstatus sebagai universitas swasta atau negeri? Apakah Universitas Pertamina memiliki program kedinasan atau tidak? Tanpa berpanjang lebar lagi, yuk langsung simak saja ulasannya.

Apakah Universitas Pertamina Negeri Atau Swasta?

Pertanyaan yang satu ini pasti ditanyakan oleh banyak orang. Jika kamu termasuk salah satu yang penasaran, sini saya kasih tahu jawbannya. Melansir situs resminya, status dari Universitas Pertamina ini adalah perguruan tinggi swasta. Jadi Universitas yang didirikan pada 1 Februari 2016 lalu ini berada di bawah Yayasan milik PT. Pertamina (Persero) yakni Pertamina Foiundation.

Meskipun statusnya swasta, namun bisa dibilang Universitas Pertamina merupakan salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan para pengajaranya yang mayoritas sudah bergelar doktor (S3) dan juga fasilitas kampusnya yang terbilang lengkap.

Belum lagi meskipun usianya masih sangat muda, Universitas Pertamina juga sudah sejajar dengan universitas lainnya yang sudah lama berdiri. Hal ini bisa dibuktikan dari prestasi dan penghargaan yang banyak diraih.

Salah satu contohnya, di tahun 20222 lalu delegasi Mahasiswa Berprestasi dari Universitas Pertamina berhasil mendapatkan penghargaan masuk ke dalam 5 besar terbaik. Mengalahkan kampus-kampus negeri bahkan yang ternama sekalipun.

Tentu saja masih banyak prestasi lainnya dari para mahasiswa Universitas Pertamina lainnya yang tidak bisa disebutkan disini. Jika kamu ingin udpate seputar prestasi ataupun kegiatan di Universitas Pertamina, kamu bisa berkunjung ke website resmi atau di akun instagram official nya.

Apakah Universitas Pertamina Menerapkan Sistem Kedinasan?

Pertanyaan lainnya yang banyak ditanyakan terkait Universitas Pertamina adalah apakah termasuk universitas kedinasan atau bukan? Apakah ketika lulus dari Universitas Pertamina bisa langsung masuk pertamina atau nggak?

Perlu disampaikan bahwa Universitas Pertamina adalah universitas swasta non-kedinasan. Artinya Universitas Pertamina tidak menerapkan sistem kedinasan dan setelah lulus dari Universitas Pertamina tidak ada jaminan untuk bisa langsung bekerja di Pertamina. Mengapa demikian?

Pasalnya untuk bisa berkarir di Pertamina, setiap orang harus melalui serangkaian tahapan yang tidak mudah. Hal ini juga berlaku untuk mahasiswa Universitas Pertamina.

Hanya saja kabar baiknya, untuk tahun ini para lulusan Universitas Pertamina memiliki program khusus yang akan memprioritaskan para lulusannya untuk bisa bekerja di Pertamina Group. Nama programnya adalah lulusan merah putih. Seperti apa sih program ini? Coba deh simak video ini dulu

Penjelasan Tentang Lulusan Merah Putiuh, Program Kerjasama Antara Pertamian dan Universitas Pertamina

Singkatnya, Lulusan Merah Putih ini memberikan kesempatan spesial bagi 45 alumni terbaik yang telah lolos serangkaian seleksi untuk bisa berkarir di Pertamina Group setelah lulus kuliah.

Jadi meskipun tidak ada ikatan dinas, tapi bagi para alumni terbaiknya Universitas Pertamina akan merekomendasikannya kepada pihak Pertamina agar bisa langsung berkarir di Pertamina Group. Keren, bukan?

Nah kalau kamu setelah lulus mau langsung berkarir di Pertamina Group, yuk daftar di Universitas Pertamina sekarang juga! Pastikan kamu bisa menjadi salah satu lulusan terbaik supaya bisa termasuk salah satu lulusan yang memang direkomendasikan untuk program ini.

Informasi lebih lanjut seputar pendaftaran di Universitas Pertamina silahkan bisa cek disini!

Share :

Irvan Daniansyah

Staff Training and Character Development Student who is passionate about SEO and Copywriter. Have more than 3 years in digital writing and was handle 47+ clients.

Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *