Blog Universitas Pertamina

Makin Dekat dengan Industri Kecantikan, Mahasiswa UPER Belajar Langsung dari PT Mustika Ratu

Menurut data yang diungkapkan oleh Nielsen and Euromonitor, penjualan produk kecantikan di Indonesia meningkat pesat sejak tahun 2017 hingga memberikan kontribusi sebesar 19 triliun rupiah. Kemudian Badan Pusat Statistik melaporkan bahwa, pada tahun 2020 minat terhadap industri kosmetik mengalami peningkatan sebanyak 5,59 persen dan terus berkembang hingga mencapai angka 7 persen pada sepanjang tahun 2021. 

Melihat tingginya peminat dalam industri kecantikan, Universitas Pertamina menggelar Pekan Orientasi dan Pengenalan Mahasiswa Baru Universitas Pertamina (POP UP) 2023 menghadirkan PT Mustika Ratu sebagai industri penggiat bidang kosmetik. 

Pada kesempatan tersebut Bingar Egidius Situmorang sebagai Presiden Direktur PT Mustika Ratu melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Pertamina yang diwakili oleh Prof. Dr. Ir Rudy Sayoga Gautama selaku Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan. Melalui penandatangan perjanjian kerja sama ini, PT Mustika Ratu sepakat untuk menyediakan tenaga pengajar untuk mengisi materi belajar, penelitian, pelatihan, seminar, dan kegiatan ilmiah untuk mahasiswa Program Studi Kimia Universitas Pertamina selama lima tahun kedepan. 

Kegiatan yang akan diisi oleh tenaga pengajar dari PT Mustika Ratu mencangkup kuliah umum Cipta Karsa, kuliah kelas dan kuliah praktik pada mata kuliah Pengenalan Studi Kosmetika, Praktikum Instrumentasi dan Spektroskopi, Kemometri, serta Teknologi Sediaan Kosmetika. Tidak hanya itu PT Mustika Ratu juga akan berkontribusi dalam penyusunan kurikulum dan materi Sub Major Cosmetic Science pada program studi Kimia serta penyusunan modul atau materi pendidikan dan pelatihan. Kurikulum dan modul tersebut diperuntukkan kepada mahasiswa yang akan mengambil konsentrasi kosmetika di Program Studi Kimia. 

Kerja sama ini disambut baik oleh seluruh civitas Universitas Pertamina, terutama mahasiswa yang tertarik dengan konsentrasi kosmetika dalam naungan Program Studi Kimia. Dengan kesempatan untuk belajar langsung dari tenaga ahli PT Mustika Ratu, diharapkan mahasiswa Universitas Pertamina dapat lebih dekat dengan industri yang bergerak di bidang kecantikan. [AN]

Share :
Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *