Blog Universitas Pertamina

AKSI NYATA MAHASISWA TEKNIK GEOLOGI UPER DALAM MEMBUAT PERUBAHAN LINGKUNGAN MENJADI LEBIH BAIK

Menurut Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata Marullah Matali, Jakarta dipenuhi 7.500 ton sampah per hari. Berbagai jenis sampah seperti sampah plastik, kertas, kaca, dan sebagainya yang tertimbun di sejumlah titik baik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) hingga parahnya di sungai maupun kali. Timbunan sampah tersebut jika tidak segera diatasi akan membawa dampak yang mengkhawatirkan bagi lingkungan  sekitar dan kesehatan manusia.

Salah satu kali yang menjadi sorotan warga DKI Jakarta yaitu Kali Mampang, Jakarta Selatan yang sampai saat ini masih terdapat banyak sampah yang tertimbun. Timbunan sampah tersebutlah yang menjadi salah satu faktor tersumbatnya perairan di Kali Mampang dan menyebabkan banjir.

Maka dari itu, Himpunan Mahasiswa teknik Geologi ‘Mahandraga’ Universitas Pertamina  Departemen Pengabdian Masyarakat (HMTG ‘Mahandraga’ UPER) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diberi nama Program Restorasi dan Mitigasi Lingkungan (PROGRESI).

Kegiatan PROGRESI merupakan salah satu kegiatan PkM yang memiliki fokus kegiatan pada pembersihan lingkungan di sekitar, lokasi yang dituju yakni Kali Mampang, Jakarta Selatan yang dilaksanakan pada Minggu, 12 November 2023. Adapun pihak yang terlibat pada Kegiatan PROGRESI tersebut diantaranya,  Mahasiswa Teknik Geologi UPER, Camat Mampang Prapatan Bapak Ujang Harmawan, Lurah Kelurahan Kuningan Barat , PPSU Kelurahan Kuningan Barat, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sumber Daya Air, Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, RT serta RW setempat, dan warga sekitar Kali Mampang.

Melalui kegiatan PROGRESI ini, diharapkan dapat menciptakan kesadaran dan sikap kepedulian mahasiswa Teknik Geologi UPER dan masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, salah satunya adalah pembersihan dan pengelolaan sampah. Selain itu, melalui kegiatan PkM ini diharapkan dapat mengurangi dampak negatif terhadap ekosistem akibat tumpukan sampah, serta  diharapkan dapat mengurangi potensi risiko kesehatan masyarakat sekitar Kali Mampang.

“Kegiatan PROGRESI ini termasuk salah satu program kerja HMTG ‘Mahandraga’ UPER yang sangat keren dan tentunya bermanfaat bagi banyak orang. Kegiatan ini menjadi bukti nyata kepedulian Mahasiswa Teknik Geologi UPER terhadap kepedulian lingkungan sekitar. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya dan dapat memberikan dampak yang lebih luas lagi bagi sekitar,” ungkap Alief Rizki, Ketua Departemen Pengabdian Masyarakat HMTG ‘Mahandraga’ UPER. [NA].

Share :
Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *