Blog Universitas Pertamina

UPERAISAL & CISAK 2022 – Supply Chain Analysis: Siklus Refill Indonesia

Hibah Selektif UPERAISAL 2022 “Penyusunan Strategi Keberlanjutan Usaha Start-up Siklus Melalui Pengelolaan Green Products” diejawantahkan dalam berbagai kegiatan dan luaran tertulis. Setelah hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pertama kali didiseminasikan pada webinar yang dilangsungkan pada hari Sabtu, 27 Agustus 2022, diseminasi lanjutan dilakukan pada acara CISAK 2022 (https://perpika.kr/cisak/), yang diwakili oleh salah satu anggota tim PKM, Yelita Anggiane Iskandar. The Conference of the Indonesian Students Association in South Korea atau yang disingkat menjadi CISAK ini diselenggarakan oleh organisasi pelajar Indonesia di Korea Selatan yaitu PERPIKA (Perkumpulan Pelajar Indonesia di Korea), dalam waktu 3 hari hingga hari Senin, 29 Agustus 2022.

Diseminasi dengan judul “Supply Chain Analysis: Siklus Refill Indonesia” disampaikan pada momen CISAK hari ke-2, hari Minggu, 28 Agustus 2022 pada klaster Food, Logistics, and Supply Chain. Acara CISAK ini dihadiri oleh banyak pihak, tidak hanya para pelajar Indonesia di Korea, tapi juga para peneliti lulusan Korea atau yang sedang sekolah lanjut S3 dan integrated S2-S3 di Korea, yang tergabung dalam organisasi APIK: Asosiasi Peneliti Indonesia di Korea (https://forumapik.org/).

Sebagaimana nafas webinar “Green Products” yang dilaksanakan sehari sebelumnya, diseminasi hasil PKM pada acara CISAK ini, secara luas juga bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kelestarian lingkungan dalam mengurangi sampah plastik dengan menggunakan produk-produk “hijau” seperti yang ditawarkan oleh Siklus Refill Indonesia (https://www.siklus.com/) melalui berbagai inovasinya. Selain itu, ajang CISAK ini juga menjadi media promosi bagi Universitas Pertamina khususnya demi kesuksesan kegiatan PKM UPERaisal 2022 berikutnya: Photography Contest dengan tema “Green Products: Alam Asri, Generasi Lestari” yang ditujukan bagi siswa SMA dan sederajat se-Indonesia. Untuk lomba foto ini, penerimaan karya masih dibuka sampai tanggal 06 September 2022.

Rangkaian kegiatan UPERAISAL 2022 ini diketuai oleh Adji Candra Kurniawan, S.T., M.T., dosen Program Studi Teknik Logistik, Universitas Pertamina; dengan anggota tim sebanyak 8 dosen dari berbagai program studi yaitu Teknik Logistik sendiri, Teknik Kimia, dan juga Hubungan Internasional. Kedelapan anggota tim ini yaitu Mirna Lusiani, S.T., M.T., Nur Layli Rachmawati, S.T., M.T., Rahmad Inca Liperda, S.T., M.Eng., dan Yelita Anggiane Iskandar, S.T., M.T. dari Prodi Teknik Logistik; Wegik Dwi Prasetyo, S.T., M.S. dan Ika Dyah Widharyanti, S.T, M.S. dari Prodi Teknik Kimia; dan Silvia Dian Anggraeni, S.Sos. dan M.A., Frieska Haridha, S.I.P., M.A. dari Prodi Hubungan Internasional.

Share :
Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.