+62 812-1149-9919 info@universitaspertamina.ac.id

TOMARE (止まれ) DAN KAKUNIN (確認)

TOMARE (止まれ) DAN KAKUNIN (確認)

Dua kata paling penting dan selalu menjadi perhatian di jepang. Secara harfiah keduanya bisa diartikan;

  • Tomare: Berhenti
  • Kakunin: konfirmasi/memastikan lagi

Kata Tomare sering terlihat dijalan-jalan terutama persimpangan (intersection) untuk penanda perintah “berhenti sejenak” sekitar 3-5 detik agar waspada terhadap lawan yang berasal dari depan dan samping. Kata perintah ini juga biasanya diikuti dengan perintah “kakunin” atau “mengkonfirmasi” apakah ada kendaraan/orang yang melintas di persimpangan tersebut.  (Caranya bagaimana? Saat tomare, pengemudi alias supir akan menolehkan kepala ke kanan dan ke kiri (900).

Contoh di bawah adalah tanda (sign) tomare yang pasti akan ditemui di setiap persimpangan baik jalanan kota maupun desa.

Gambar Tanda Tomare

Sumber (https://voyapon.com/), (https://www.aikoaimee.com/)

Dua kata ini sangat penting bagi orang jepang, khususnya dalam hal berkendara di jalanan jepang. Bahkan 2 kata ini menjadi FAKTOR PENENTU saat melaksanakan ujian mendapatkan SIM mengemudi di jepang (akan diceritakan kemudian, hehehehe).

Karena, jika berkendara dan tidak taat aturan seperti tidak “tomare” di persimpangan, maka bersiaplah untuk mendapatkan surat cinta dari polisi yang tiba-tiba datang di kotak pos, karena kena “tilang”. Dan tentu selain harga yang dibayarkan sangat mahal, juga akan mengurangi poin di SIM yang kita dapatkan nanti. Intinya bakalan REPOT kalo melakukan pelanggaran di jepang.

Semoga bermanfaat

{ISO}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *