Blog Universitas Pertamina

INOVASI WE CARE K3 HADIR ATASI SOLUSI KECELAKAAN DI TENGAH MASYARAKAT

Dalam menjalankan aktivitas di dunia kerja, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sangat penting untuk diperhatikan dan dipahami dengan baik. Menurut UU Pokok Kesehatan RI No. 9 Th. 1960 Bab I Pasal II, Kesehatan Kerja merupakan suatu kondisi kesehatan yang bertujuan supaya karyawan memperoleh derajat kesehatan setinggi-tingginya baik itu jasmani, rohani, maupun sosial dengan usaha pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh pekerjaan.

Melihat pentingnya K3 dalam dunia kerja, melalui Lomba Kepalang Merahan Nasional (LKMN) 2023 yang diselenggarakan Oleh KSR PMI Universitas Sriwijaya, tim dari Universitas Pertamina yang terdiri dari Sandi Pamungkas dan Muhammad Fiqri membawa inovasi bernama “We Care K3.” 

Sandi mengatakan Inovasi berupa Aplikasi We Care K3 merupakan aplikasi yang menyediakan sistem integrasi dengan pihak berwajib untuk bisa melakukan proses evakuasi dengan cepat ketika terjadi kecelakaan di tengah masyarakat. 

Ide pembuatan inovasi tersebut muncul karena melihat maraknya kasus kecelakaan yang terjadi ditengah masyarakat membuat kebutuhan PMI semakin meningkat. Namun sayangnya PMI masih belum tersentuh teknologi digital yang membuat penanganan evakuasi korban menjadi lebih lambat yang menyebabkan risiko kematian akan semakin besar. Maka dari itu, We Care K3 hadir menjadi solusi di tengah masyarakat guna mempercepat evakuasi korban.

Lomba tersebut diikuti oleh kurang lebih 200 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Melalui inovasi We Care K3 tersebut dapat menghantarkan Sandi dan Fiqri berhasil meraih juara ke-3. [NA].

Share :
Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *