Blog Universitas Pertamina

Mahasiswa UPER Raih Prestasi Berkat Inovasi IoT untuk Hewan Ternak

Jakarta, 28 Maret 2023 – Tiga mahasiswa Universitas Pertamina berkolaborasi dari disiplin ilmu yang berbeda dalam mengikuti kompetisi essay yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan.

Tiga mahasiswa tersebut tergabung dalam tim yang diberi nama “Tim Uperia,” yang terdiri atas Sandi Pamungkas, Mahasiswa Program Studi Ekonomi, Dandy Muhammad Irwan, Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin, dan Sandra Rama Pamungkas, Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia.

Kompetisi essay ini terbagi menjadi dua tahapan, yaitu seleksi paper dan seleksi presentasi. Tercatat sebanyak 250 essay yang diperlombakan berasal dari seluruh universitas di Indonesia. 

Pada kesempatan tersebut Tim Uperia berhasil masuk kedalam posisi 10 besar dan lanjut ke tahap berikutnya, yaitu tahap presentasi. Tahapan presentasi tersebut dilaksanakan secara luring pada tanggal 18 – 20 Maret 2023 di kampus 4 UAD dan berhasil meraih Honorable Mention, yaitu kategori best implementation.

Essay mereka berjudul “Pemanfaatan Batuan Giok Sebagai Inovasi Penyembuhan Penyakit Sistemik Hewan Ternak Berbasis IoT demi Merealisasikan Peternakan Modern dan Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Peternakan.” Inovasi yang mereka hadirkan dalam kompetisi essay ini, yaitu dimana penelitian yang dilakukan oleh Tim Uperia memanfaatkan batuan giok guna menyembuhkan penyakit sistemik atau penyakit yang menyerang organ dalam hewan ternak. 

Batu giok merupakan salah satu jenis pahatan yang digunakan manusia untuk kesehatan. Batu giok yang digunakan sebagai alat pengobatan ini sudah ada ada sejak zaman peradaban kuno oleh suku Maya, Aztek, dan Cina Kuno. Namun hingga saat ini, manfaat batu giok belum terbukti secara medis dan hanya sebatas mitos.

“Melalui essay yang kami buat ini, kami berusaha menciptakan penelitian baru yang menggunakan unsur mineral jadeite (group pyroxen) (Na(Al,Fe)Si2O6) dan nephrite (group tremolite -antigorite (Ca2(Mg,Fe)5Si8O22) (OH)2Si2O6) untuk memancarkan inframerah, sehingga nanti jika dihidupkan melalui perangkat IoT bisa memancarkan sinar yang bisa memperlancar darah, menormalkan suhu, serta mempermudah detak jantung. Tidak hanya itu, senyawa mineral ini juga mampu membunuh beberapa jenis bakteri dikategorikan,” ujar Irwan, salah satu anggota tim.

Kedepannya, Tim Uperia ingin terus berprestasi untuk membanggakan almamater tercinta Universitas Pertamina dan semoga selalu mendapatkan apresiasi dari kampus, serta dukungan dalam mengikuti berbagai perlombaan di luar kampus.

Oleh: Netti Anjelina

Share :
Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *