Blog Universitas Pertamina

Program Studi Teknik Mesin Gelar Peluncuran Prototipe Mobil Abimantrana

Jakarta, 16 Maret 2023 – Program Studi Teknik Mesin Universitas Pertamina baru saja menggelar seremoni peluncuran purwarupa Mobil Abimantrana pada Kamis (16/03) di selasar GOR Universitas Pertamina.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya Organisasi, Lawni Tenisa, S.T., MBA, Dekan Fakultas Teknologi Industri, Ir. Tota Simatupang, M.Eng., Ph.D., dan Ketua Program Studi Teknik Mesin, Dr. Eng. Sri Hastuty, S.T., M.T., M.Eng.

Ketua Program Studi Teknik Mesin, Tuty, dalam sambutannya menyebut kegiatan peluncuran prototipe Mobil Abimantrana ini merupakan sebuah kebanggaan bagi program studinya untuk kembali memulai projek yang telah direncanakan sejak sebelum pandemi COVID-19.

“Saya juga merasa senang karena akhirnya bisa kembali melihat bengkel yang tadinya sepi jadi ramai kembali. Saya sangat mengapresiasi setiap mahasiswa yang terlibat dalam pembuatan Mobil Abimantrana ini. Bahkan tidak jarang para mahasiswa pulang malam karena mengerjakan mobil ini,” jelas Tuty.

Mahasiswa program studi Teknik Mesin sekaligus Ketua Projek Mobil Abimantrana, Nathan Pardede, menjelaskan, mobil tersebut dibuat menggunakan rangka aluinium dan mesin Honda Supra X 97 CC yang sudah ditingkatkan kapasitasnya menjadi 110 CC sehingga bisa berjalan dengan kecepatan yang cukup tinggi.

“Dengan dimulainya pilot project pembuatan mobil custom ini, ke depannya kami berharap purwarupa mobil ini bisa dikembangkan menjadi otomotif yang lain seperti go-kart, formula, atau hemat energi,” ujar Nathan.

Oleh: Riska Aldania Djatmiko

Share :
Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *