Blog Universitas Pertamina

Kunjungan dari Universiti Teknologi PETRONAS/UTP

Kemarin (29/09/2023), Prodi Teknik Geologi UPER @geologi.uper mendapatkan kunjungan dari Dr. Siti Nur Fathiyah Jamaludin @phdummi dan rekan, petroleum geoscientist dari Universiti Teknologi PETRONAS (UTP). Dan salah satu agenda beliau adalah mengunjungi Laboratorium Geologi Struktur & Geodinamika UPER @lab.geostruktur.uper .. Pada kesempatan ini Laboratorium Geologi Struktur melakukan demo simulasi analogue sandbox modeling dengan sistem kontraksional, serta menjelaskan mengenai prinsip kerja aparatus sandbox yang kita miliki saat ini di lab, dan akan kita kembangkan lagi dalam waktu dekat.

Koordiantor asisten lab kita @dewimirahrezki memberikan presentasi dan demo langsung, penjelasan penelitian sandbox yang pernah kita lakukan sebelumnya yang sudah in progress di AIP Publishing. Saat kita juga sedang dalam pengembangan untuk digital sandbox yang dilakukan oleh Pak Epo @epokusumah dengan AI menggunakan perangkat Phyton. Dewi juga menjelaskan bagaimana media sandbox digunakan oleh Dewi sendiri sebagai media penelitian Tugas Akhir (TA) dan sudah lulus tepat waktu.

On the other hand, Bu Fathiyah juga banyak memberikan wawasan melalui penelitian sandbox modeling yang beliau lakukan di UTP, seperti penggunaan kinetics sand, bahan kacang hijau dan tepung, serta pengalaman beliau melakukan simulasi sandbox modeling untuk memodelkan subduksi dan inversi.

Lab. Geologi Struktur UPER berharap silaturahmi dengan Bu Fathiyah dan UTP dapat terus berlanjut dan semoga dapat melakukan kolaborasi penelitian nantinya.

Terima kasih Bu Fathiyah & tim dari UTP, Pak Harya @haryadn yg sudah menjembatani kegiatan, para asisten lab Geologi Struktur, dan semua yg sudah mendukung kegiatan ini.. Semoga kegiatan ini dapat menjadi motivasi baru untuk inovasi bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, bagi kemaslahatan umat manusia.

Salam,
Dumex Pasaribu
(Kepala Lab.Geologi Struktur & Geodinamika Universitas Pertamina)

Cc. Pak Harya Danio @haryadanio

Link IG: https://www.instagram.com/p/Cx0jrBuviRy/?utm_source=ig_web_copy_link


Share :
Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *