Blog Universitas Pertamina

Exploring and Learning The Future With Renewable Energy HMTE UPER

Jakarta, 6 Juli 2023 – Pada Selasa, 4 Juli 2023 lalu, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) melaksanakan kegiatan kunjungan industri yang diberi nama ‘Exploring and Learning The Future With Renewable Energy HMTE UPER’ Kegiatan tersebut dilaksanakan di PT. PLN (Persero) UIP2B, Jalan JCC, Gandul, Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16514.

Kunjungan industri yang dilakukan HMTE Uper bertujuan untuk menambah wawasan untuk mahasiswa/I tentang renewable energy, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dunia kerja bagi mahasiswa HMTE UPER, dan meningkatkan motivasi semangat belajar mahasiswa HMTE UPER untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja.

Adapun pihak yang terlibat pada kegiatan tersebut yaitu antara lain sebagai berikut; 

1. Pengurus Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro.

2. Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro.

3. Dosen Program Studi Teknik Elektro Universitas Pertamina (Pembimbing Kegiatan Industry Visit HMTE UPER) : Bapak Dr. Soni Prayogi, M.Si.

3. Kepala Program Studi Teknik Elektro Universitas Pertamina : Bapak Dr. Eng. Muhammad Abdillah, S.T., M.T.

4. Dosen Program Studi Teknik Elektro Universitas Pertamina : Bapak Dr. Marza Ihsan Marzuki, S.T., M.T. dan Bapak Dr. Eng. Wahyu Kunto Wibowo, S.T., M.Eng.

Kegiatan kunjungan industri tersebut memiliki berbagai rangkaian kegiatan seperti mengikuti presentasi dan pembelajaran materi dari petinggi PT PLN UIP2B, touring dengan mentor industri dan melihat cara pengoperasian SCADA dalam distribusi listrik Pulau Jawa.

Terdapat dua kali sesi pemberian materi dimana materi tersebut dipaparkan oleh karyawan yang memang sudah ahli dibidangnya masing-masing. Selanjutnya, Mahasiswa diajak mengunjungi ruang kontrol yang sangat canggih dimana tempat itu menjadi pusat pemantauan frekuensi dan beban dari seluruh pembangkit yang ada di wilayah timur hingga barat. Wilayah kerja yang ada di PLN UIP2B sangat terjaga keamanan dan keselamatannya. 

“Selama kunjungan di PT PLN UIP2B Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Pertamina mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan baru terutama tentang pembebanan listrik yang ada di daerah Jawa, Madura, dan Bali (Jamali). Pihak PLN UIP2B menjamu kami dengan sangat baik. Semoga hubungan baik antara Universitas Pertamina dan PT PLN UIP2B dapat terus terjalin sehingga dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat magang ataupun melakukan penelitian tugas akhir di PLN tersebut,” ucap Hajad Sadikin, Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Angkatan 2019.

“Melalui kegiatan kunjungan industri ini, kami memiliki kesempatan berharga untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang industri tertentu dan proses produksinya. Dengan pengalaman langsung di lokasi tersebut. Tidak hanya itu, kegiatan industri visit juga memberikan kami peluang untuk berinteraksi langsung dengan para profesional dan pekerja industri. Kami dapat mengajukan pertanyaan tentang pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam industri tersebut, mendengarkan pengalaman pribadi mereka, dan mendapatkan wawasan mengenai peluang karir di bidang tersebut. Interaksi semacam ini dapat memberikan motivasi kepada kami untuk mengejar karir di industri tersebut atau mengembangkan minat dan keterampilan yang kami mau,” ungkap Ahmad Fadhil Nur, Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Angkatan 2021. [NA].

Share :
Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *