+62 812-1149-9919 info@universitaspertamina.ac.id

Kestabilan Lereng

Penulis (saya) mengampu mata kuliah Mekanika Batuan dan Tanah serta Geologi Teknik. Dalam kedua mata kuliah ini, aspek kestabilan lereng menjadi pokok bahasan yang terbilang dominan dari segi pensasaran capaian pembelajaran mata kuliah.

Pada kesempatan berbeda di sebuah konferensi secara daring yang host-nya dari IAEG Asia dan bertempat di Singapura, seorang profesor dan bertindak sebagai keynote speaker mengungkapkan sebuah fakta menarik. Bahwa dalam kurun lima tahun terakhir, jumlah publikasi (artikel) internasional di bidang geologi teknik dan geoteknik yang banyak diunduh adalah yang berkaitan dengan kestabilan lereng (slope stability).

Selain sebagai topik yang paling banyak diminati oleh para periset, topik ini juga menjadi yang paling banyak disitasi.

Dan jika digabungkan, maka topik Slope Stability tetap dominan. Topik lainnya yang sama dominannya adalah Landslide.

Jika ingin melakukan analisis kestabilan lereng, tentu akan lebih cepat dengan memanfaatkan perangkat lunak. Akan tetapi biasanya terkendala soal besarnya biaya untuk membeli lisensi. Beberapa founder software memberikan lisensi trial atau versi student. Penulis beberapa kali menginstruksikan kepada mahasiswa untuk menggunakan versi student dengan cara melakukan request ke Geostudio untuk software Geoslope. Rockscience juga memberikan free trial dengan berkirim formulir kepada mereka.

Geoslope: GeoStudio Downloads (geoslope.com)

Rocscience Slide: Slide2 | Most Comprehensive 2D Slope Stability Software – Rocscience

Software lain yang biasa digunakan untuk analisis kestabilan lereng adalah GEO5 dan STB.

GEO5: Geotechnical Software GEO5 | Fine (finesoftware.eu)

STB: Software | Geoengineer.org

Penulis sedikit membuat video tutorial cara pemerolehan perangkat lunak kestabilan lereng dengan versi trial. Tentu kita menghindari adanya upaya-upaya pembajakan atau penggunaan software dengan cara cracking.

Instal Geostudio Geoslope:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *