+62 812-1149-9919 info@universitaspertamina.ac.id

Batuan dan Pelapukan

Pernahkah kita iseng lihat lereng yang ada di pinggir jalan?

Di sana sering kita temui lereng tersusun atas tanah yang tertutup banyak vegetasi. Tanah ini sebenarnya berasal dari batuan yang mengalami pelapukan. Seiring berjalannya waktu, material sekeras batupun akan luluh dan menjadi lemah selemah tanah.

Tanah jika kita pegang akan bersifat lepas-lepas butirnya atau mudah kita bentuk seperti membuat properti menggunakan tanah lihat. Tapi batuan justru kita akan sakit kalau coba berusaha memukul batu tersebut pakai tangan.

Pelapukan ini berkontribusi besar terhadap pembentukan tanah yang kita amati di sekeliling kita. Pelapukan akan berbeda-beda tergantung jenis mineral yang terkandung dalam batuan.

Pernahkah kita melihat lebih dekat tentang batuan? Ternyata dipandang menggunakan mikroskop memperlihatkan warna-warni yang menarik. Properti batuan berupa mineralogi itu juga akan berubah ketika mengalami pelapukan di alam, di antaranya berubah menjadi mineral lempung. Mineral lempung ini ibarat kapas bentuknya begitu halus; harus kita amati dengan perbesaran berskala mikrometer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *