+62 812-1149-9919 info@universitaspertamina.ac.id

MERASAKAN ANGIN MASA DEPAN

MERASAKAN ANGIN MASA DEPAN

SMALL STEPS FOR A BETTER WORLD

Sebagai pengguna setia angkutan umum alias ojek motor, ini adalah pengalaman berkesan karena bisa merasakan naek ojek motor listrik dari salah satu provider ojek online yang tidak boleh disebut namanya (GOJEK) yang sudah punya armada motor listrik. Ada yang udah pernah nyoba order?

Sebenarnya ga sengaja order “GoRide Electric” karena tujuanya ga masuk jangkauan dari fasilitas ini, jd pas yang datang “GoRide Electric” langsung seneng hehehehe.

Kesan pertama pastinya senang bisa nyobain motor listrik, apalagi sejak kesuksesan Formula E Jakarta, euforia tentang kendaraan listrik masih terasa. Bagaimanapun ga bisa dipungkiri saat ini teknologi motor listrik menjadi salah satu opsi masa depan untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan di jalan raya. Ditambah lagi jika melihat data statistik jakarta, kendaraan motor roda 2 jumlahnya meningkat 2 kali lipat dari 8 juta ditahun 2019 menjadi 16 juta di tahun 2021 (https://jakarta.bps.go.id/).

Tentu saja keberadaan kendaraan listrik menjadi angin segar untuk mengurangi polusi ibukota. Belum ada data resmi terkait berapa jumlah kendaraan ojek online yang beroperasi di wilayah jakarta, tetapi dari informasi asosiasi ojek online, ada sekitar 4 juta mitra ojek online di Indonesia, dan hampir 2 juta ada di wilayah jabodetabek. Bayangkan berapa emisi gas buang yang dihasilkan dari kendaraan motor roda 2 ini. Penulis pernah membuat simulasi terkait emisi gas buang dari sektor transportasi di salah satu daerah perkotaan, didapatkan bahwa rata-rata gas buang untuk kendaraan bermotor roda 2 untuk (g/km) nya adalah 26.6 CO2, 2.2 CO, 0.19 NOx, 1.42 HC dan beberapa gas buang lainnya. Hasil simulasi dengan kondisi saat ini jika tidak ada perubahan kebijakan, maka untuk kendaraan roda 2 saja maka level polusi  akan meningkat 53% dibeberapa tahun ke depan. Tentu saja hal ini akan semakin tinggi melihat kendaraan roda 2 tumbuh secara exponensial setiap tahunya.

Dengan adanya trobosan gojek menggunakan motor listrik diharapkan menjadi langkah kecil yang berdampak besar nantinya. Gojek sebagai salah satu provider ojek online telah menargetkan 5000 motor listrik mulai tahun 2022 (https://www.suara.com/tekno/).

Dengan harga yang sama, tentu motor listrik menjadi pilihan yang paling baik bagi konsumen yang sering menggunakan ojek online untuk aktivitas sehari-hari.

Salam

{ISO}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *