+62 812-1149-9919 info@universitaspertamina.ac.id

MENGENAL LOGIKTIK HALAL (Bagian-4)

HALAL LOGISTICS AREA

” Halal is for Everyone”

Sebagaimana yang telah dijelaskan pada bagian 1 tulisan ini, bahwa kegiatan halal logistik tidak berbeda dengan kegiatan logistik pada umumnya yaitu, pengelolaan, penanganan dan pendistribusian suatu barang. Jika kita mengambil definisi Keilmuan Teknik Logistik, maka kegiatan logistik secara umum terdiri atas 2 kegiatan besar yaitu Material Management dan Physical Distribution, sebagaimana yang terlihat pada Gambar 1 di bawah ini.

Gambar 1. Ruang lingkup Teknik Logistik

Maka, kita dapat mendefiniskan Halal Logistik sebagai;

“Logistics Halal is the process of managing the procurement, movement, storage, and handling of materials, part livestock, and (semi) finished inventory both food and non-food (and related information & documentation flows) through the organization and the supply chain in compliance with the general principle of shariah Law (Malaysia institute of transport).

Mengambil definisi di atas, maka dapat dikelompokkan area penting dalam kegiatan halal logistik yaitu,

Pusat Logistik Halal

Fokus kegiatan logistik halal pada bagian ini adalah mengenai peran dan aktivitas penyimpanan dan penanganan barang/produk halal di Gudang, termasuk bagaimana proses segregation, dan memastikan bahwa produk halal dikelola dengan baik.

Transportasi Logistik Halal

Distribusi produk halal menjadi salah satu titik kritis dalam jaminan halal, karena sangat memungkinkan terjadinya penggabungan atau kontaminasi dengan produk non-halal selama proses transportasi dari Gudang menuju ke retail/konsumen. Selain itu, dalam penggunaan truk pengangkut juga dipastikan bahwa armada telah bebas dari najis (jika menggunakan third party) melalui mekanisme samak/ pensucian truk sesuai dengan cara-cara islam.

Rute Logistik Halal

Salah satu yang diperhatikan dalam proses transportasi produk halal adalah memastikan produk dapat didistribusikan dalam waktu yang cepat sehingga potensi terjadinya kontaminasi (khususnya pada mix transportation) dengan memilih rute yang terpendek/tercepat.

Manajemen Logistik Halal

Pada bagian ini, kegiatan supervisi terhadap semua aspek dari semua aktivitas halal logistik dan halal supply chain dilakukan untuk memastikan bahwa jaminan halal tetap terjaga.

Secara detail, setiap kegiatan di masing-masing area ini akan dibahas secara terpisah pada tulisan selanjutnya. Bagaimana Aktivitas Logistik halal tersebut?

Gambar 3. Ekosistem Logistik Halal (Sumber: https://tarabaran.com/halal-logistics/)

Dari gambar di atas, kata kuncinya adalah jaminan halal dalam setiap aktivitasnya untuk memastikan status kehalalan produk tetap terjaga.

Semoga Bermanfaat

Salam

{ISO}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *