+62 812-1149-9919 info@universitaspertamina.ac.id

KENANGAN 30 MEI

KENANGAN 30 MEI

5 3 0 = ごみゼロ

Ada apa tuh dengan 30 Mei?

Kembali lagi aku coba membagi salah satu kenangan yang dirasakan selama masa Studi di Jepang.

Tepat tanggal 30 Mei 2012 beberapa bulan setelah resmi menjadi Mahasiswa S2 di Toyohashi University of Technology (TUT), pertama kali merasakan sesuatu yang berbeda di Kampus. Entah knapa sekitar jam 3 sore semua Mahasiswa, Karyawan, Dosen/Sensei, termasuk Para Pejabat tanpa terkecuali semuanya berkumpul di depan Rektorat TUT.

Aku coba mendekat ternyata semua orang dengan bersarung tangan, sambil menenteng Besi dan Plastik, mengelilingi Rektor/President TUT…waduuhh…

Apa ada demo?

Waah kok anarkis gini hawanya?

Setelah mendengarkan penjelasan teman Lab, baru ngeh…

Ternyata hari ini adalah hari Goro Nasional di TUT, alias Gotong royong bersama. Mungkin kalo di Indonesia mirip seperti kegiatan Jum’at bersih.

Anak muridnya yang “kotor-kotoran”, Bapak/Ibu gurunya yang “bersih-bersihan” hehehe

Ternyata di jepang khususnya di Toyohashi, dikenal istilah “GOMI ZERO” yang dalam bahasa jepang artinya: GOMI (sampah), Zero (Kosong/ga ada).

yang menariknya lagi, bisa sesuai dengan tanggal dan bulannya.

5 (bulan 5/Mei) = Go ( ご)

3 = mi/san ()

0 = zero (みゼロ)

jadilah 5 30 = Bulan 5 tanggal 30 = GOMI ZERO ( ごみゼロ )

Sehingga setiap bulan 5 (Mei) tanggal 30, menjadi kalender rutin untuk melakukan kegiatan bersih-bersih di lingkungan Kampus.

Terlihat hari ini semua turun untuk memunguti sampah-sampah di lingkungan kampus TUT, sampe di luar pagar kampus… tidak ada yang berpangku tangan, semuanya bekerja bersama-sama..

Kalo dilihat, Sederhana mungkin kegiatanya, karena toh kita juga di Indonesia sering kok GORO bareng di kampus, di lingkungan komplek rumah, atau di sekolah, tapi dengan pola hidup masyarakat jepang yang sudah menjadi budaya membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah sesuai jenisnya, toh tetap aja kegiatan ini selalu dilakukan menjadi kegiatan rutin tahunan…

Hmmm yukk kayaknya asek ini kalo dilakukan di Kampus Universitas Pertamina, Ada yang mau rembukan mendiskusikanya? Yuuukk.. kita buat….

sambil mikirin nama kegiatannya hehehehe….

Kegiatan GOMI ZERO diakhiri dengan pembagian JUS/minuman ringan untuk semua orang yang terlibat dalam kegiatan hari ini.

Semoga bermanfaat

{ISO}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *