+62 812-1149-9919 info@universitaspertamina.ac.id

Webinar Cipta Karsa “The Strategic Role Of LNG Hub In Global Energy Era”

Jakarta, 15 Mei 2022 – Universitas Pertamina kembali melaksanakan Webinar Cipta Karsa setelah tertunda karena adanya kegiatan Ujian Tengah Semester (UTS) dan libur nasional Hari Raya Idul Fitri. Webinar Cipta Karsa yang diselenggarakan pada Sabtu, 14 Mei 2022 ini mengusung topik “The Strategic Role of LNG Hub in Global Energy Era”, dengan narasumber Arif Widodo sebagai Dirut. PT Perta Arun Gas Periode 2018-2022. Acara ini dipandu oleh moderator dari Dosen Prodi Teknik Geologi Universitas Pertamina yaitu Resti S. Jatiningrum.

Sama seperti biasa, peserta Webinar Cipta Karsa ini mampu menampung 500 lebih peserta yang berasal dari mahasiswa/mahasiswi Universitas Pertamina mulai dari semester tiga sampai semester delapan.

PT Perta Arun Gas (PAG) merupakan anak usaha dari PT Pertamina Gas yang bergerak di bidang bisnis gas. Salah satu tujuan didirikannya PAG yaitu untuk mengelola regasifikasi LNG Arun. Regasifikasi LNG Arun memiliki peran strategis untuk dijadikan LNG Hub pada era energi global seperti saat ini. LNG Hub merupakan alat strategis untuk optimalisasi perdagangan LNG di pasar yang fluktuatif saat ini.

“Sebagai konversi pertama yang berhasil di dunia, PAG telah berhasil memanfaatkan aset yang ada pada fasilitas untuk menciptakan berbagai bisnis baru dan memiliki peran penting di pasar LNG Hub global. Arun LNG Hub telah menjadi tujuan LNG Hub global baru dan memiliki aspirasi untuk menjadi Pemimpin HUB LNG Asia pada tahun 2030 mendatang”, Ungkap Arif.

Arif melanjutkan, bisnis LNG merupakan elemen penting untuk memenuhi kebutuhan energi global. Di era bisnis LNG saat ini, LNG Hub memiliki peran strategis untuk memaksimalkan optimalisasi perdagangan dan keamanan LNG.
Sejauh ini Pertamina telah mengembangkan LNG Business Value Chain and Facility secara penuh dari hulu hingga ke hilir di Indonesia, dapat dilihat dari gambar peta berikut:

Arif lanjut menjelaskan mengenai konversi pertama kilang LNG menjadi regasifikasi LNG dan terminal Hub di dunia1. Dari terminal ekspor akan dikonversi ke terminal ekspor/impor.2. Dari liquefaction plant akan dikonversi ke regasification plant.3. Dari Produksi LNG dan LPG akan dikonversi ke LNG dan LPG Hub.Lebih jelasnya, dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Seperti yang telah ditegaskan Arif Widodo sebelumnya, bahwa bisnis atau usaha LNG memiliki peran strategis dalam global energi di masa datang, hal ini dibuktikan dengan hasil yang didapatkan bahwa di bagian Asia  rantai usaha LNG menjadi pasar LNG global terbesar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *