+62 812-1149-9919 info@universitaspertamina.ac.id

Geologi struktur 01: Apa itu ‘stress’?

Gambar 1. Gaya yang diaplikasikan pada suatu bidang akan disebut ‘stress”

Salah seorang rekan menganjurkan untuk diskusi geologi struktur dari awal (basic), dan tentu saja ini baik supaya bisa sharing pemahaman dari dasarnya. Let’s go!
***
Bagaimana memahami geologi struktur? Kenapa mata kuliah ini terlihat ribet dan susah? Nggak kok! Topik geologi struktur terlihat susah karena langsung jumping ke hal-hal yang jauh seperti sesar pada penampang seismik, analisis kinematika yang terkesan rumit, imajinasi ruang tiga dimensi yang sulit atau terminologi dan istilah yang bikin gerah!
***
Geologi struktur dimulai dengan istilah ‘stress’ yaitu gaya (F) yang diaplikasikan pada suatu bidang/luasan (A) [seperti gambar]. Karena ada stress, maka terbentuklah deformasi yang dikenal dengan ‘strain’, dengan kata lain stress menghasilkan strain. Dalam perjalanannya, nanti dari stress menuju strain akan ada proses seperti jenis deformasi (brittle-ductile), reologi atau sifat batuan (viscous-elastic-plastic), hingga jenis struktur yang dihasilkan seperti rekahan, sesar dan lipatan, hingga turunan-turunannya. Kita stop sampai istilah stress dulu ya, intinya batuan bisa pecah membentuk sesar karena ada sejumlah stress yang diberikan pada bidang tertentu dari batuan itu, yang istilah kerennya disebut deformasi.
***
Pada kenyataannya, batuan jika diuraikan bisa menjadi partikel yang lebih kecil, terus hingga ke skala terkecilnya seperti atom. Deformasi juga mengikuti hingga ke bagian-bagian ini, yang terlihat seperti rangkaian yg menerus dan memiliki arah tiga dimensi (3D) yang dikenal dengan continuum mechanic [seperti gambar]. Lalu proses struktur pun demikian, struktur dapat terbentuk mulai dari skala besar seperti skala lempeng hingga skala kecil seperti di bawah mikroskop yang dikenal dengan fractal.
***
Segini dulu kali ya, biar ngga stress membacanya hehehe.. Salam struktur, see you next time, terima kasih! 🙏😊

#tuesdaystructures

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *